-->
Wednesday 8 June 2016



Penulis adalah seseorang yang memanfaatkan bakatnya dengan baik. Ia menggunakan ilmu yang ia punya untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan memberikan informasi penting bagi masyarakat. Selain itu, para penulis juga memadukan kemampuannya menulis dengan perasaan serta informasi terkini yang mereka temui secara langsung atau mereka baca.


Para penulis ini dapat terjun ke dunia jurnalistik, penulisan novel, penulisan buku-buku inspirasi, penulisan buku sumber belajar, dan lain-lain. Hal ini merupakan salah satu upaya mereka untuk turut serta dalam mewujudkan upaya pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa.


Bahan bacaan yang mereka tulis akan memperluas wawasan dan mampu menghubungkan pembacanya dengan hal-hal yang terjadi di belahan dunia lain. Sebagai contoh, dalam media online seperti Detik.com, Vivanews.com, yahoo.com, dan lain-lain. Dalam situs ini, para penulis menyediakan berbagai informasi dari seluruh dunia dengan berbagai macam topik, antara lain: olah raga, kesehatan, keuangan, politik, traveling, cinta, forum, dan berita terkini lainnya.

Karena usahanya yang begitu mulia dan kerja kerasnya yang sangat berguna bagi semua pihak, para penulis patut menerima apresiasi yang sangat besar dari masyarakat. Untuk itu, para penyedia beasiswa pun juga sangat menghargai semangatnya tersebut dan memberikan apresiasi dengan memberikan beasiswa. Beasiswa ini diharapkan dapat memacu semangat untuk menghadirkan tulisan-tulisan yang lebih berguna.

Ada banyak beasiswa bagi para penulis yang tersedia untuk para mahasiswa,baik dalam bidang jurnalistik, cerita, atau tulisan dari jenis lainnya. Beasiswa tersebut tidak hanya terbatas pada mahasiswa dengan studi yang berhubungan dengan ilmu penulisan. Mereka juga membuka kesempatan bagi mahasiswa yang mampu berkomunikasi secara efektif melalui kata-kata tertulis, walaupun bukan mahasiswa ilmu penulisan. Dan berikut ini informasi mengenai beasiswa-beasiswa yang ditawarkan kepada para penulis:


1. Beasiswa “Build U”


 Penghargaan           :2000 USD
 Batas pengumpulan : I Oktober 2016
 Usia                      : minimal 18 tahun

Untuk mendapatkan beasiswa ini syarat yang harus dipenuhi adalah: kamu harus menulis esai 1000 kata tentang “bagaimana satu keyakinan bersama penting untuk membangun perusahaan yang besar”.

2. Beasiswa “Hit the Books”


Penghargaan           : 500 USD
Batas pengumpulan : 30 September 2016
Usia                       : 18-25 tahun

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kmamu harus menyerahkan esai maksimal 500 kata tentang “pentingnya pendidikan dalam hidup kamu dan bagaimana uang dari beasiswa akan membantu dalam  mencapai tujuanmu".
Lebih lanjutnya bisa dilihat di link ini : http://www.coffeeforless.com/scholarship

3. NRA Civil Rights Defense Fund Youth Essay Contest



Penghargaan            : 1000 USD
Batas pengumpulan  : 31 Desember 2016
Usia                        : siswa SMA

Untuk memenuhi persyaratan mendapatkan beasiswa ini, kamu harus menyerahkan esai sekitar 1.000 kata dengan tema: “ Apa arti amandemen kedua bagimu?"
Lebih jelasnya bisa kunjungi laman ini : https://www.nradefensefund.org/contests-scholarships.aspx


4. Kompetisi “Patriot’s Pen”


Penghargaan              : 5000 USD
Batas pengumpulan    : I November 2016
Usia                          : minimal 14 tahun

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus menyerahkan esai maksimal 300-400 kata tentang “Mengapa saya mengapresisai veteran Amerika“
Info lebih lanjut bisa akses di link ini : https://www.vfw.org/PatriotsPen/


5. Youth Volunteer Scholarship Award


Penghargaan           : 500 USD
Batas pengumpulan : 29 November 2016
Usia                       : maksimal 21 tahun

Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah kamu harus menyelesaikan minimal 50 jam kerja sebagai relawan selama dua tahun terakhir, memiliki IPK minimal 3,5 dan menyerahkan esai tidak lebih dari 1000 kata dengan tema “Mengapa kamu memilih untuk memberikan waktumu di organisasi yang kamu ikuti, dan bagaimana pengalamanmu telah mengubah hidupmu sehingga memenuhi syarat untuk penghargaan ini.” 

Tagged
Al-Qalam Creative Media
Ditulis Oleh Al-Qalam Creative Media

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

4 comments:

  1. Ini kan beasiswa cuma buat orang amerika aja kan? Apa kita boleh ikutan? tolong penjelasannya admin. ..

    ReplyDelete
  2. Tolong admin info yang dalam negeri aja

    ReplyDelete
  3. Ya nanti admin usahakan yang dalam negeri, trims sudah berkunjung

    ReplyDelete
  4. ini sih penghargaan untuk penulis bukan beasiswa untuk penulis lagi pula ini untuk amrik sana

    ReplyDelete